Berdoa dan Kuasa Doa

Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya

Firman:  Yakobus 5: 16 – 18

Surat Rasul Yakobus yangditujukan kepada jemaat Tuhan dan ia berkata tentang doa. Doa adalah persekutuan dengan Tuhan, bercakap-cakap atau berkomunikasi dengan Tuhan. Disaat kita berdoa, kita menundukkan hati kita, memusatkan pikiran kita, dan kita berserah penuh pada belas kasih Tuhan. Doa adalah kehendak Tuhan, dikatakan “Yesus mengatakan .. (perumpamaan) .. untuk menegaskan bahwa mereka harus selalu berdoa dengan  tidak jemu-jemu”(Luk 18:1). Apa yang perlu dipelajari agar doa kita efektif dan berkuasa?

1.    Hidup benar dihadapan Tuhan

“Doa orang yang benar .. sangat besar kuasanya” (ay 16). Siapa yang dimaksud orang benar? Menurut Musa, “Dan kita akan menjadi benar, apabila kita melakukan segenap perintah itu dengan setia dihadapan Tuhan ..” (Ul 6:25) – hidup sesuai Firman dan tidak berbuat dosa. Nabi Yesaya mengingatkan “yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ..sehingga Ia tidak mendengar ialah segala dosamu” (Yes 59:2). Kita adalah manusia berdosa! Rasul Yohanes berkata “Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka .. Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” (1 Yoh 1: 8-9)

2.    Berdoalah dengan keyakinan

“Doa orang .. bila dengan yakin didoakan,sangat besar kuasanya” (ay 16). (NKJV: fervent prayer - Indo: doa dengan kesungguhan hati). Pernyataan Tuhan Yesus, “Dan apa saja yang kamu minta dalamdoa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya” (Mat 21:22). Bagaimana agar kita memiliki iman kepercayaan tsb? Ingat “iman timbul dari pendengaran ..oleh firman Kristus” (Rom 10:17) dan “oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna” (Yak 2:22). Pengalaman pelaku Firman akan membawa kita lebih beriman!Tuhan Yesus juga menyatakan “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman Kutinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya” (Yoh 15:7) - yang akan diminta adalah sesuatu yang sesuai kehendakNya.

3.    Tuhan akan menyatakan kuasaNya

“Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan iatelah bersungguh-sungguh berdoa .. langit menurunkan hujan dan bumipun mengeluarkan buahnya” (ay 17-18). Elia berdoa dan Tuhan mendengarkan dan menjawab doanya. Teringat bahkan banyak buku yang diterbitkan yaitu doa Yabes,“Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku dankiranya tanganMu menyertai aku dan melindungi aku daripada malapetaka .. Dan Allah mengabulkan permintaannya itu” (1 Taw 4:10). Yabes berdoa memohon memiliki kehidupan yang berubah, lebih baik dan itu adalah sesuai kehendakNya.Tuhan berkehendak kita hidup dalam berkatNya, menjadi kepala bukan ekor dan hidup dalam penyertaanNya bahkan dipimpin oleh Roh. Masalah manusia yaitu tidak mau bertindak sesuai FirmanNya.

Next Messages

Rumah-Ku akan disebut rumah doa

March 7, 2021

Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya

February 14, 2021

Tuhan yang menentukannya tetapi tergantung tanah liat yang ada ditanganNya