Doa Tuhan bagi Orang Percaya

Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepadaKu

Firman: Yohanes 17: 1-26 (baca ay 17-21&24)

Doa Tuhan Yesus dikatakan “Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepadaKu, sebab mereka adalah milikMu … dan milikMu adalah milikKu” (ay 9-10). Doa untuk pengikut-pengikut Kristus yang dikatakan “mereka masih ada di dalam dunia” (ay 11). Yang perlu disadari keberadaan kita dinyatakan “seperti domba ke tengah-tengah serigala” (Mat 10: 16) – berbahaya! Dinyatakan “Lawanmu, si iblis, berjalan keliling .. dan mencari orang yang dapat ditelannya” ( 1 Pet 5: 8). Sedangkan kehendakNya, “Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana Aku berada, mereka juga ada bersama-sama dengan Aku” (ay 24)  Apa yang menjadi doa Tuhan Yesus?

1. Agar kita dipelihara dalam namaNya

“mereka masih ada di dalam dunia .. peliharalah mereka dalam namaMu .. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara .. menjaga mereka”” (ay 11-12). Dijaga dan dipelihara! Mengingat Pentakosta dan ini yang terjadi, “Allah telah menyuruh Roh AnakNya ke dalam hati kita” (Gal 4: 6). Kita disertai oleh Roh Kudus, sesuai dengan janjiNya, “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Mat 28:20). Dan jika Tuhan menyertai kita maka kita akan dijaga dan dipelihara. Pemazmur menyatakan “Penjagamu tidak akan terlelap. Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur” (Maz 121:3-4) dan Rasul Petrus menyatakan “Rendahkan dirimu  .. Serahkan segala kekuatiranmu kepadaNya, sebab Ia yang memelihara kamu” (1 Pet 5: 6-7).

2. Agar kita dikuduskan dalam kebenaranNya

“Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firmanMu adalah kebenaran” (ay 17). Arti kata dikuduskan dapat berarti dipisahkan atau disucikan. Bagaimana pengudusan dapat terjadi? Menurut alkitab dapat terjadi a) dengan darah Kristus, “menguduskan .. dengan darahNya” (Ib 13:12); b) dengan kuasa Roh Kudus, “dikuduskan oleh Roh” (1 Pet 1:2) dan dengan FirmanNya, “dikuduskan oleh firman Allah” (2 Tim 4:5). Hidup kudus adalah kehendakNya, “Kuduslah kamu sebab Aku kudus” (1 Pet 1:16). Penulis Ibrani berkata “kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan” (Ib 12: 14) – hiduplah sesuai FirmanNya dalam pimpinan Roh Kudus!

3. Agar kita disatukan dalam namaNya

“supaya mereka semua menjadi satu .. supaya dunia percaya bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku” (ay 21). Doa Tuhan Yesus “supaya bersatu .. supaya dunia percaya akan Dia” dan amat menyedihkan bagian ini belum terwujudkan dan kita akan memperhatikan beberapa hal di antaranya: a) Mengapa? Kelemahan manusia, “masing-masing kita mengambil jalannya sendiri” (Yes 53:6), b) Apa yang telah Tuhan anugerahkan? Dinyatakan “buah Roh ialah kasih …” (Gal 5:22). Dari sebab itu “kenakanlah kasih sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan” (Kol 3:14) dan c) Apa yang perlu kita lakukan? “marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah” (1 Yoh 4:7) – tingkatkan pengenalan kita!

Next Messages

August 5, 2021

Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama 300 tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah

August 1, 2021

Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar, sebab itu relakan hatimu dan bertobatlah

August 29, 2021

Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah