Generasi yang terpilih

Kita telah dipilih untuk menerima berkat rohani lewat Tuhan Yesus Kristus


Firman: Efesus 1: 3-14

Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Efesus, diawali dengan pernyataan “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga” (ay 3). Dilanjutkan “Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan” (ay 4). Kita telah dipilih untuk menerima berkat rohani lewat Tuhan Yesus Kristus dan dinyatakan “memilih kita sebelum dunia dijadikan” – sebelum dosa manusia (lewat Adam dan Hawa) terjadi. Perhatikan pernyataan Rasul Petrus, “Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat” (2 Pet 3:9). Apa yang perlu kita lakukan untuk menjadi generasi yang terpilih?

1. Hidup kudus di hadapan Tuhan

“Supaya kita hidup kudus dan tak bercatat dihadapanNya” (y 4). Hidup kudus adalah tuntutan dikatakan “hendaklah kamu menjadi kudus .. sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu” (1 Pet 1:15). Penulis Ibrani berkata “Tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan” (Ib 12: 14). Kekudusan di awali dengan “oleh darahNya kita beroleh penebusan yaitu pengampunan dosa” (ay 7) dan setelah itu marilah kita hidup dengan kuasaNya, “hendaklah dosa jangan berkuasa lagi .. jangan lagi menuruti keinginannya” (Rom 6:12). Kata kudus, Yunani (hagios) - berbeda dari yang lain, Ibrani (qâdash) - dipisahkan dari yang lain untuk digunakan.

2. Hidup melakukan kehendakNya

“Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendakNya kepada kita .. yang dari semula telah ditetapkanNya di dalam Kristus” (ay 9). Rahasia kehendakNya adalah firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu” (ay 13). (baca Kol 1:25-26). Dari sebab itu “Siapa yang meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya” (Ams 13:13). Pernyataan penulis Ibrani, “sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu” (Ib 10:36) dan pernyataan Tuhan Yesus, ‘Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga” (Mat 7:21)

3. Hidup dipimpin oleh Roh Kudus

“ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikanNya itu” (ay13). Bagi orang percaya, Tuhan. “memeteraikan tanda milikNya .. Roh Kudus di dalam hati kita” (2 Kor 1:22). Dari sebab itu Rasul Paulus berkata “Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kudus, ia bukan milik Kristus” (Rom 8:9) dan “kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah” (Rom 8:15). Demikian juga ia berkata “Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh” (Gal 5:25). Apakah tanda bahwa kita hidup dalam pimpinan Roh? Di antaranya yaitu: a)Keberhasilan (baca Maz 23); b) Diberkati, “kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus” (Rom 14:17) dan c) Perubahan karakter, “buah Roh” (Gal 5:22-23).

Next Messages

Rumah-Ku akan disebut rumah doa

March 7, 2021

Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya

February 14, 2021

Tuhan yang menentukannya tetapi tergantung tanah liat yang ada ditanganNya