Hidup untuk Kerajaan Tuhan

Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi, yang ditulis di dalam penjara “aku dipenjarakan karena Kristus” (ay 20).

Firman: Filipi 1: 20-26

Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi, yang ditulis di dalam penjara “aku dipenjarakan karena Kristus” (ay 20). Di saat itu Rasul Paulus berhadapan dengan dua kemungkinan yaitu hidup dan mati, dan ia menyatakan “Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan” (ay 21) (KH: hidup berarti kesempatan melayani Kristus). Mati dinyatakan “diam bersama-sama dengan Kristus – itu memang jauh lebih baik” (ay 23). Apa yang perlu kita lakukan jika kita diberi kesempatan hidup di dunia ini, menurut Rasul Paulus?

1.     Dipanggil untuk memuliakan Tuhan

“Demikianpun sekarang, Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku” (ay 20). Memuliakan Tuhan adalah rancangan awal Tuhan bagi manusia “semua orang yang disebutkan dengan namaKu, yang Kuciptakan untuk kemuliaanKu” (Yes 43:7). Dari sebab itu memuliakan Tuhan adalah kewajiban bagi orang percaya! Bagaimana memuliakan Tuhan? Salah satu yang dinyatakan oleh Tuhan Yesus, “hendaklah terangmu bercahaya di depan orang supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga” (Mat 5:16). Adapun perbuatan baik yang dimaksud adalah yang sesuai dengan kebenaran FirmanNya, “tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik” (2 Tim 3:17).

2.     Bekerja menghasilkan buah

“Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini itu berarti bagiku bekerja memberi buah” (ay 22). Kewajiban orang percaya yang hidup untuk bekerja atau berusaha dan menghasilkan buah yang dapat dinikmati diri sendiri dan orang lain. Adapun buah yang dimaksud dalam perikop ini adalah buah pelayanan, membawa orang kepada Tuhan. Tuhan Yesus berkata “Dalam hal inilah BapaKu dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-muridKu” (Yoh 15:8). Apa yang perlu dilakukan dalam gereja? Salah satu sarana yang akan digunakan adalah pengembangan kelompok sel. Dalam pengamatan, jemaat yang ada di dalam sel group lebih mampu bertahan karena memiliki keakraban dan pemimpin sel ikut serta dalam pelipat gandaan dengan mengembangkan talenta dan buah Roh.

3.     Memberkati lewat pelayanan

“supaya kamu makin maju dan bersukacita dalam iman” (ay 25). Kata “kamu” adalah jemaat di Filipi, orang lain! Keberadaan Rasul Paulus agar supaya jemaat bertumbuh dalam iman dan bersukacita karena iman kepercayaan! Makin mantap dan makin menikmati berkat Tuhan!. Beberapa ayat yang menunjang, di antaranya: a) “Kita tahu sekarang bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia” (Rom 8:28); b) “Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa” (Yoh 15:5); c) “Daud berhasil di segala perjalanannya, sebab Tuhan menyertai dia” (1 Sam 18:14). Pelayanan yang memberkati yaitu “ajarlah mereka melakukan ...” (Mat 28:20) – FirmanNya dan hidup dalam FirmanNya!



Next Messages