Jadilah Terang Didalam Kegelapan (Be The Light in The Darkness)

Dunia di masa gelap, Pandemic Covid-19 dan dampaknya dengan perselisihan antar negara yang dapat membawa kita masuk ke..

Firman: Efesus 5: 8-21 (baca ay 14-19)

Dunia di masa gelap, Pandemic Covid-19 dan dampaknya dengan perselisihan antar negara yang dapat membawa kita masuk ke dalam penderitaan yang lebih dalam lagi. Apa yang perlu kita lakukan di masa gelap ini? Di dalam perikop ini Rasul Paulus berkata “Bangunlah .. bangkitlah .. dan Kristus akan bercahaya atas kamu” (ay 14). Tuhan akan memakai jemaatNya untuk berperan, memantulkan terang Kristus di dunia yang gelap ini. Pernyataan Tuhan Yesus “Kamu adalah terang dunia” (Mat 5:14). Apa yang harus kita dilakukan?

1. Hiduplah sesuai kebenaran Firman

“perhatikanlah .. bagaimana kamu hidup, jangan seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif” (ay 15) (KB: bijak). Pernyataan Tuhan Yesus, “Setiap orang yang mendengar perkataanKu ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana” (Mat 7:24). Orang yang bijaksana adalah orang yang hidup dalam kebenaran Firman! Sedangkan peran Firman Tuhan, “tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik” (2 Tim 3:17). Akibatnya: “mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga” (Mat 5:16). Rasul Pulus mengingatkan “Jangan menjadi batu sandungan …” (1 Kor 8:9)!

2. Bijak menggunakan waktu yang terbatas

“pergunakanlah waktu yang ada .. janganlah kamu bodoh tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan” (ay 16-17). Hidup ini sangat terbatas, dikatakan “sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap” (Yak 4:14). Dari sebab itu “usahakanlah .. mengerti kehendakNya”. Tuhan Yesus berkata “MakananKu ialah melakukan kehendak Dia .. dan menyelesaikannya” (Yoh 4:34). Harus selesai! Dan yang perlu diingat akan waktu yang singkat ini yaitu: a) “supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu” (Ib 10:36) dan “Bukan setiap orang yang berseru Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Surga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga” (Mat 7:21) – nikmati segala janjiNya baik di saat kita hidup maupun dikemudian hari di surga.

3. Hiduplah dalam pimpinan Roh Tuhan

“Janganlah kamu mabuk .. tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh” (ay 18). Hidup ini terbagi dua yaitu “hidup dalam daging” dan “hidup dalam Roh” dan jemaat Tuhan dikatakan “Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam  di dalam kamu” (Rom 8:9). Rasul Paulus menambahkan “Jikalau kamu hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh” (Gal 5:25). Maksud dipimpin oleh Roh yaitu taat, melakukan segala kehendak Tuhan. Targetnya “hidup sama seperti Kristus telah hidup” (1 Yoh 2:6). Apa yang dilakukan Kristus? Di antaranya: a) kasih dan peduli (berbelas kasihan); b) melayani (menjadi hamba) dan c) memenuhi kebutuhan manusia (mujijat).

Next Messages

August 23, 2020

Surat Rasul Petrus yang ditujukan kepada orang-orang percaya dan ia menyatakan “Karena itu, saudara-saudaraku,..........

August 16, 2020

Percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus yang dinyatakan “seorang Farisi .. seorang pemimpin agama Yahudi” (ay 1)........

August 9, 2020

Kisah Yohanes Pembaptis yang akan dilahirkan dengan tugas panggilan khusus yaitu “menyiapkan bagi Tuhan suatu umat......