Jemaat yang Berkenan

Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci AllahKu

Firman: Wahyu 3: 7-13

Rasul Yohanes sewaktu ia ada di pulau Patmos, ia mendapat penglihatan tentang ketujuh jemaat Tuhan, di mana Tuhan memberikan pujian dan teguran. Ini perlu kita perhatikan, agar kita manakah yang berkanan dan yang tidak berkenan bagi Tuhan Salah satu yang akan kita memperhatikan hari ini yaitu kehidupan jemaat di Filadelfia. Tuhan menyatakan pujian dan berkata “Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci AllahKu” (ay 12). (KB: sebagai tiang dalam rumah suci). Apa yang perlu kita pelajari dari perikop ini?

1. Tuhan adalah Tuhan yang Maha tahu
“Aku tahu segala pekerjaanmu; Lihatlah Aku telah membuka pintu bagimu” (ay 8). Tuhan tahu, dikatakan oleh pemazmur “Engkau mengetahui kalau aku duduk dan berdiri .. sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya semuanya telah Kauketahui, ya Tuhan” (Maz 139:2-4). Tuhan yang Mahatahu juga mengetahui hati dan pikiran kita! Kepada jemaat di Filadelfia yang Tuhan ketahui pelayanan mereka, Ia berkata “Lihatlah Aku telah membuka pintu bagimu” – ini dapat dinyatakan sebagai pintu pelayanan atau penginjilan, “Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang ..  dan mengaku bahwa Aku mengasihi engkau” (ay 9). Tuhan berperan dalam pelayanan dan pertumbuhan gerejaNya, “Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan” (Kis 2:47).

2. Tuhan memuji ketaatan dan kesetiaan
“Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firmanKu dan engkau tidak menyangkal namaKu” (ay 8). Bukan jumlah tetapi ketaatan dan kesetiaan jemaat yang berkenan dihadapanNya. Taat dan setia adalah masalah utama manusia. Dan ini berkaitan dengan factor lain yaitu kerendahan hati. Rasul Paulus menyatakan Kristus, “Ia telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati” (Fil 2:8). Dan penulis Amsal berkata “Ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan” (Ams 22:4). Bagaimanakah untuk memperoleh kerendahan hati? a) “belajarlah padaKu karena Aku lemah lembut dan rendah hati: (Mat 11:29) atau “atas kehendakNya .. dipadang gurun selama 40 tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau .. berpegang pada perintahNya atau tidak” (Ul 8:2). Manakah yang akan kita pilih? Belajar atau Dalam didikan.

3. Tuhan menganugerahkan berkatNya
“Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu” (ay 11). Aku datang segera menyatakan tidak ada penundaan dalam memberikan pertolongan maupun dalam memberikan berkat. Ingat iblis dikatakan “Pencuri datang hanya untuk mencuri” (Yoh 10:10) Rasul Yohanes berkata “Waspadalah supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya” (2 Yoh 1:8). Apa yang telah dilakukan oleh Tuhan Yesus dan pemimpin rohanimu? Pesan Rasul Paulus “menghormati .. yang bekerja keras .. memimpin kamu dalam Tuhan .. menegor” (1 Tes 5:12).

Next Messages

October 17, 2021

Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci AllahKu

October 3, 2021

Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula

October 24, 2021

Ia akan Kududukan bersama-sama dengan Aku di atas tahtaKu