Kehidupan Baru dalam Kristus

Firman: 1 Korintus 15: 51-58

Surat Rasul Paulus kepada jemaat menyatakan “Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata” (ay 51). Apa yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus? Dijelaskan bahwa “orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah” (ay 52). Kematian adalah jaminan, setelah mati kita akan berhadapan dengan dua hal yaitu hidup kekal atau mati kekal. Apa yang perlu diketahui akan hidup kekal dalam Kristus?

1.Mengimani akan kehidupan kekal

“Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita” (ay 57). Kemenangan atas dosa!  Dinyatakan “Hai maut, di manakah sengatmu?. Sengat maut ialah dosa” (ay 55-56). Rasul Yohanes berkata “darah Yesus .. menyucikan kita dari segala dosa” (1 Yoh 1:7). Dari sebab itu “setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Yoh 3:16). Dan ini yang akan terjadi pada kedatanganNya, “sangkakala Allah berbunyi .. Tuhan sendiri akan turun .. yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu abngkit, sesudah itu, kita yang hidup .. akan diangkat .. menyongsong Tuhan di angkasa .. kita selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan” (1 Tes 4: 16-17).

2.Melayani Tuhan dengan segenap hati

“Karena itu saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan!” (ay 58). Jangan mudah diombang-ambingkan tetapi dengan tekun dalam segala keadaan melayani Tuhan. Teladani Tuhan Yesus yang berkata “MakananKu ialah melakukan kehendakNya yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaanNya” (Yoh 4:34). Tuhan sedang letih dan berhadapan dengan makanan untuk tubuhnya tetapi Ia lebih mengutamakan pelayanan, melayani untuk memenangkan jiwa wanita Samaria. Ketahuilah ini yang akan terjadi “akan ada sukacita pada malaikat2 Allah karena satu orang berdosa yang bertobat!” (Luk 15:10).

3.Menerima upah atau pahala kekal

“Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia” (ay 58). (KB: semua yang kalian kerjakan untuk Tuhan, tidak akan percuma). Ada upah selama kita hidup di dunia ini dan ada pahala yang kekal dinyatakan “kita semua harus menghadap tahta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan apa yang dilakukannya dalam hidup ini, baik ataupun jahat” (2 Kor 5:10). Kata “kita” menyatakan hanya orang percaya yang diangkat akan menghadap tahta Kristus sedangkan yang lain akan berhadapan dengan “tahta putih” (Wah 20:11). Orang percaya akan menerima pahala yaitu di antaranya 5 mahkota dan dasar pemberiannya adalah: “ketaatan”; “kesetiaan” dan “tanggung jawab” – “hai hambaku yang baik dan setia .. memikul tanggung jawab” (Mat 25:23)

Next Messages

August 5, 2021

Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama 300 tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah

August 1, 2021

Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar, sebab itu relakan hatimu dan bertobatlah

August 29, 2021

Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah