Lahir Baru dan Bertumbuh

Percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus yang dinyatakan “seorang Farisi .. seorang pemimpin agama Yahudi” (ay 1)........

Firman: Yohanes 3:1-8

Percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus yang dinyatakan “seorang Farisi .. seorang pemimpin agama Yahudi” (ay 1). Nikodemus mengamati dan mengagumi Tuhan Yesus, dan berkata: “Rabi, kami tahu bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya” (ay 2). Tuhan Yesus kemudian menyatakan tentang lahir baru, yaitu:

1. Lahir baru adalah mutlak

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah” (ay 3). Nikodemus dibingungkan dengan perkataan “dilahirkan kembali” karena ia berpikir secara duniawi. Mana mungkin? Tuhan kemudian menyatakan “dilahirkan dari air dan Roh” (ay 5). Berbagai pandangan tentang air tetapi dari pernyataan Rasul Petrus dikatakan “Karena kamu telah dilahirkan kembali .. oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal” (1 Pet 1:23). Dari sebab itu untuk dapat lahir baru dibutuhkan Firman Tuhan dan Kuasa Roh Kudus! Ingat Rasul Paulus berkata “iman timbul dari pendengaran .. oleh Firman Kristus” (Rom 10:17). Demikian juga sewaktu Simon Petrus mengaku “Engkau adalah Mesias .. Kata Yesus .. bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan BapaKu yang di sorga” (Mat 16:16-17).

2. Pertumbuhan adalah proses

“jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah” (ay 3) dan “masuk ke dalam Kerajaan Allah” (ay 5). Perhatikan ada dua tahap yaitu “melihat” dan “masuk”. Mengingatkan akan jamahan dua tahap yang Tuhan lakukan terhadap seorang yang buta, “Aku melihat .. tetapi tampaknya seperti pohon-pohon” dan “ia dapat melihat segala sesuatu dengan jelas” (Mar 8: 24&25). Kita membutuhkan jamahan Tuhan! Rasul Paulus menyatakan “telah mengenakan manusia baru yang terus menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya” (Kol 3:9-10). Sudah lahir baru dan “wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup” (1 Yoh 2:6). Bagaimana? Renungkan Firman agar lebih mengenal Kristus dan ijinkan hidup kita dipimpin oleh Roh Tuhan agar kita tidak hanya melihat tetapi masuk ke dalam KerajaanNya, menikmati segala janji Tuhan.

3. Dewasa dalam pimpinan Roh

“Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengarkan bunyinya tetapi engkau tidak tahu dari mana .. atau ke mana ...” (ay 8). Benar seperti pernyataan Pengkotbah, “engkau tidak mengetahui pekerjaan Allah ..” (Pengk 11:5) tetapi orang yang lahir baru dan telah dewasa rohani dikatakan “engkau mendengarkan bunyinya” – tidak tahu tetapi mampu mendengarkan pimpinan Roh. Apa yang dinyatakan oleh Roh Kudus yang ada di dalam hati orang percaya? a) “Dialah yang akan mengajarkan .. dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu” (Yoh 14:26); b) “Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran” (Yoh 16: 13) dan c) “Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang” (Yoh 16:13). Orang yang lahir baru dan dewasa rohani, akan berjalan sesuai kehendakNya, selalu ada dalam kebenaran dan punya visi bahkan memiliki karunia bernubuat.

Next Messages