Lahir Baru jadi Orang Beriman

Sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerjaan Allah

Firman: Yohanes 3: 1-21

Tuhan Yesus bertemu dengan Nikodemus, “seorang pemimpin agama Yahudi” (ay 1). Tuhan berkata “Sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerjaan Allah” (ay 3) dan diulang kembali “Sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah” (ay 5). Nikodemus memiliki pengetahuan tentang Tuhan tetapi tetap Tuhan berkata “Kamu harus dilahirkan kembali” (ay 8). Apakah maksud dengan “dilahirkan kembali” (Born again) dan bagaimana?

1. Dilahirkan dari air dan Roh
“Sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah” (ay 5). Ada dua faktor yaitu: a) “air” dan b) “Roh”. Tepat seperti pernyataan Yohanes pembaptis “Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air .... Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus” (Yoh 1: 33).
1.1 “Air” – dapat diartikan FirmanNya, “dibersihkanNya ... kamu memang sudah bersih karena Firman yang telah Kukatakan kepadamu” (Yoh 15:2-3). Pernyataan Rasul Paulus ”iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus” (Rom 10:17). Dari sebab itu, Firman inilah yang membuat kita beriman! Renungkanlah Firman, “jikalau engkau mencarinya ... mengejarnya ... maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan Tuhan. dan mendapatkan pengenalan akan Allah” (Ams 2:4-5). Makin kenal makin sayang!
1.2 “Roh” – Roh Kudus, “Jikalau kamu mengasihi Aku ... Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu ... yaitu Roh Kebenaran” (Yoh 14:15-16). Orang yang mengasihi Tuhan akan menerima kuasa Roh Kudus! Benarkah kita telah mengasihi Dia? Pastikan! Tuhan Yesus menyatakan “Barangsiapa memegang perintahKu dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku” (Yoh 14:21). Dan jika Roh itu ada “Dialah yang akan mengajarkan ... mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu” (Yoh 14:26)

2. Beriman pada Tuhan Yesus
“Kamu tidak percaya” (ay 12). Percaya bahwa “Dia yang telah turun dari sorga yaitu Anak Manusia” (ay 13). Percaya bahwa “Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal” (ay 16). Tuhan Yesus adalah Anak Allah yang turun dari sorga untuk menyelamatkan manusia, “setiap orang yang percaya kepadaNya, tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (ay 16). Bagaimana agar dapat percaya (beriman)? Kisah Tuhan Yesus bertanya kepada Simon Petrus, “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini? Maka jawab Simon Petrus: Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” (Mat 16: 15-16). Dan apa kata Tuhan Yesus “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu melainkan BapaKu yang di sorga” (Mat 16:18) – menjadi percaya atau beriman karena kuasa Roh Kudus! Rasul Paulus berkata “yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi orang yang percaya” (Rom 3:22). Orang percaya beriman pada Kristus!, “Tidak ada seorangpun datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yoh 14:6).

Next Messages

December 1, 2019

Untuk menjadi manusia baru dibutuhkan proses (metamorphosa), tidak seketika berubah tetapi perlahan-lahan...

November 24, 2019

Injil Yohanes memberikan judul dalam perikop ini “Gembala yang baik”dan dinyatakan “Akulah gembala yang baik”

November 17, 2019

Kisah perjalanan Tuhan Yesus, dikatakan “Yesus masuk ke kota Yerikho ..di situ ada seorang bernama Zakheus