Lebih dari Pemenang

Tetapi dalam semuanya kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

Firman: Roma 8: 31-39

Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Roma menyatakan “Tetapi dalam semuanya kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. Sebab aku yakin ... (ay 37-38). Ternyata kematian dan kebangkitan Tuhan telah memberikan kemenangan, dinyatakan “Maut telah ditelan dalam kemenangan .. Hai maut di manakah sengatmu?” (1 Kor 15:54-55). Pernyataan Tuhan Yesus, “KepadaKu telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi” (Mat 28:18). Kita harus menang dalam namaNya untuk memperoleh janjiNya!

1. Menang dalam melawan dosa
“Jika Allah dipihak kita, siapakah yang akan melawan kita?” (ay 31). Siapakah sebenarnya lawan kita di dunia ini? Rasul Paulus berkata “karena perjuangan kita, bukanlah melawan darah dan daging tetapi melawan .. roh-roh jahat di udara” (Ef 6:12). Disinilah Rasul Paulus berkata “Ia yang tidak menyayangkan AnakNya sendiri” (ay 32) – mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Ini yang harus terjadi, “Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya” (Rom 6:12). Bagaimana mengatasi kuasa dosa? Di antaranya: a) tunduklah kepada Allah dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu” (Yak 4:7) dan b) teladani Yusuf, “Yusuf meninggalkan bajunya di tangan perempuan itu (istri Potifar) dan lari ke luar” (Kej 39:12).

2. Menang sebagai orang pilihan
“Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Tuhan? Allah yang telah membenarkan mereka? Siapakah yang dapat menghukum mereka? (ay 33). “telah membenarkan” (KB: “Allah sendiri menyatakan bahwa kita tidak bersalah”) Rasul Paulus juga berkata “kita sekarang telah dibenarkan oleh darahNya, kita pasti akan diselamatkan oleh murka Allah” (Rom 5:9). Dan ini adalah janjiNya! Dari sebab itu sebagai orang pilihan, “kita semua harus menghadap tahta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya ..” (2 Kor 5:10), bukan “tahta putih” (Wah 20:11). Apa tanda orang pilihan? Dinyatakan “Sebab semua orang yang dipilihNya .. untuk menjadi serupa dengan gambaran anakNya” (Rom 8:28). Tepatnya “wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup” (1 Yoh 2:6).

3. Menang dalam berbagai masalah hidup
“Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, kelaparan, ketelanjangan, bahaya atau pedang? (ay 35). Injil Kabar Baik memberi jawaban “Tidak, malah di dalam semuanya itu kita mendapat kemenangan yang sempurna oleh dia yang mengasihi kita” (ay 37). Apa yang Tuhan lakukan sehubungan dengan kasihNya disamping pengampunanNya? a) Tuhan mendidik, “Tuhan memberi ajaran kepada yang dikasihiNya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi” (Ams 3:12); b) Tuhan memberkati, “Sebab Ia memberikannya kepada yang dicintaiNya pada waktu tidur” (Maz 127:2); c) Tuhan menyertai, “Ia tidak meninggalkan orang yang dikasihiNya” (Maz 37:28)

Next Messages

December 5, 2021

Tetapi dalam semuanya kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

December 12, 2021

Ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya

December 19, 2021

Ia ajaib dalam keputusan dan agung dalam kebijaksanaan