Makna Salib Kristus

Nabi Yesaya bernubuat jauh sebelum kelahiran dan kematian Tuhan Yesus, katanya “Tetapi dia tertikam oleh karena.........

Firman: Yesaya 53: 10-12

Nabi Yesaya bernubuat jauh sebelum kelahiran dan kematian Tuhan Yesus, katanya “Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh” (Yes 53: 5). Tanpa salibNya maka kita akan binasa, tidak disembuhkan dan tidak memperoleh keselamatan. Apa yang dinyatakan Bapa?

1. SalibNya adalah kehendak Bapa

“Tetapi Tuhan berkehendak ... sebagai korban penebus salah” (ay 10). Itu adalah kehendak Bapa, “kehendak Tuhan akan terlaksana olehnya” (ay 10) dan harus terjadi dalam “sebagai korban penebus salah” (KB: kurban penghapus dosa). Penulis Ibrani berkata “tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan” (Ib 9:22). Di dalam Perjanjian Lama:“orang itu berdosa ... Imam harus mengadakan pendamaian bagi orang itu dengan domba jantan korban penebus salah itu, sehingga ia menerima pengampunan” (Im 5:16). Di dalam Perjanjian Baru dinyatakan “Dan karena kehendakNya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus” (Ib 10:10)

2. SalibNya menjadikan kita benar

“Sesudah kesusahan jiwanya ... akan membenarkan banyak orang ...” (ay 11). (KB: telah menanggung hukuman orang banyak, demi dia aku akan mengampuni orang banyak). Tanpa salib, kita tetap berdosa dan tidak dapat menjadi benar! Rasul Paulus berkata “Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darahNya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah” (Rom 5:9). Dahulu “tidak benar” , “sekarang telah dibenarkan” dan dengan jaminan “pasti akan diselamatkan”. Rasul Paulus berkata “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu” (1 Kor 6:20). Sudah ditebus oleh darahNya!

3. SalibNya memberikan kemenangan

“Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar .. orang-orang kuat .. yaitu sebagai ganti ....” (ay 12). (KH: Sebab itu Aku akan memberikan kepadaNya kehormatan yang layak ... karena Ia telah menyerahkan nyawaNya ...) Salib Kristus memberikan kemenangan! Rasul Paulus berkata “dan mendudukan Dia disebelah kananNya di sorga” (Ef 1:20). Tuhan Yesus berkata “KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi” (Mat 28:18). Apakah kuasa yang diterimaNya? Dinyatakan di antaranya: a) Kuasa atas Alam (Mar 4:41); b) Kuasa terhadap iblis (Mar 10:1); c) Kuasa terhadap penyakit dan kelemahan (Mat 10:1); d) Kuasa untuk mengampuni (Mar 2:5) dan e) Kuasa atas kematian (Yoh 11:43) yaitu kebangkitan!

Adapun makna terbesar dari pada salib Kristus dinyatakan “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Yoh 3:16)

Next Messages

July 12, 2020

Kisah para murid di dalam perjalanan “naik ke perahu dan mendahuluiNya ke seberang” (ay 22) dan dinyatakan “Yesus.......

July 5, 2020

Kisah perjalanan Tuhan Yesus, “Ia harus melintasi daerah Samaria” (ay 4) dan dinyatakan “Yesus sangat letih oleh.......

June 28, 2020

Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Kolose agar mereka, “menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah.........