Melangkah bersama Tuhan

Pergilah, berjalanlah dari sini ke negeri yang telah Kujanjikan. Aku akan mengutus seorang malaikat berjalan diepanmu

Firman: Keluaran 33: 12-17

Musa dipanggil untuk melanjutkan perjalanan memimpin Israel, “Pergilah, berjalanlah dari sini .. ke negeri  yang telah Kujanjikan .. Aku akan mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu .. Sebab Aku tidak akan berjalan di tengah-tengahmu ..” (ay 1-3). Israel baru saja melakukan dosa, “menyuruh membuat anak lembu buatan Harun itu” (32:35). Musa memohon kasih karuniaNya dan menyatakan “Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini” (ay 15). Apa yang dapat kita pelajari?

1. Menghadapi tantangan dengan kuasaNya
“Katakanlah kepada orang Israel: Kamu ini bangsa yang tegar tengkuk” (ay 5) (KH: keras kepala dan tidak mau taat). Sedangkan Israel adalah umat pilihan Tuhan, “beginilah Firman Tuhan yang menciptakan engkau, hai Yakub .. hai Israel .. engkau ini kepunyaanKu” (Yes 43:1). Di dalam menggembalakan umat Tuhan, Rasul Paulus berkata “harus cakap mengajar, sabar dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan .. menjadi sadar kembali .. terlepas dari jerat iblis yang telah mengikat mereka pada kehendaknya” (2 Tim 2: 24-26). Kita berhadapan dengan iblis dan kuasaNya dibutuhkan, “di luar Aku kamu tidak berbuat apa-apa” (Yoh 15:5)

2. Membutuhkan bimbingan Tuhan
“Aku sendiri yang akan membimbing engkau dan memberikan ketentraman kepadamu” (ay 14). Musa memohon kepada Tuhan, “jika aku kiranya mendapat kasih karunia dihadapanMu, beritahukanlah kiranya jalanMu kepadaku” (ay 13). Perlu disadari bahwa “Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum dan Ia mengajarkan jalanNya kepada orang-orang yang rendah hati” (Maz 25:9). Pemimpin yang rendah hati akan dibimbing dan diajari oleh Tuhan, dari sebab itu “Belajarlah padaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati” (Mat 11:29). Israel dididik, “atas kehendak Tuhan .. di padang gurun selama 40 tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai .. berpegang pada perintahNya atau tidak” (Ul 8:2). Sulit!

3. Melangkah bersama Tuhan
“karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami .. dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini” (Kel 33:16). Umat Tuhan berbeda dengan yang lain karena kita disertai Roh Tuhan, “Allah telah menyuruh Roh AnakNya ke dalam hati kita” (Gal 4:6) dan ini sebagai penggenapan janjiNya “Aku menyertai kamu senantiasa sampai pada akhir zaman” (Mat 28:20). Nabi Maleakhi menyatakan “Maka kamu akan melihat kembali perbedaan .. antara orang benar dan orang fasik .. yang beribadah .. dan .. yang tidak beribadah ..” (Mal 3:18). Dan dampak penyertaan Tuhan di antaranya, “Daud berhasil di segala perjalanannya, sebab Tuhan menyertai dia” (1 Sam 18: 14). Adapun hal yang perlu diperhatikan “Janganlah padamkan Roh” (1 Tes 5:19) dan “Janganlah kamu nendukakan Roh Kudus Allah” (Ef 4:30)

Next Messages

October 17, 2021

Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci AllahKu

October 3, 2021

Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula

October 24, 2021

Ia akan Kududukan bersama-sama dengan Aku di atas tahtaKu