Melangkah Mencapai Tujuan

Surat Rasul Petrus yang ditujukan kepada orang-orang percaya dan ia menyatakan “Karena itu, saudara-saudaraku,..........

Firman: 2 Petrus 1: 3-11

Surat Rasul Petrus yang ditujukan kepada orang-orang percaya dan ia menyatakan “Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh .. Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerjaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus” (ay 10-11). Rasul Petrus mendorong orang-orang beriman untuk “makin teguh” dan “olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu .. yang membinasakan dunia” (ay 4)  Mari kita teliti dalam perikop ini akan apa yang dinyatakan Rasul Petrus?

1. Miliki iman pada Kristus

“Karena kuasa ilahiNya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup saleh oleh pengenalan kita akan Dia” (ay 3). Kita diberi sesuatu yang berguna lewat pengenalan kita akan Kristus. Rasul Paulus berkata “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman, itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah ..” (Ef 2:8). Memiliki iman,  dinyatakan “iman timbul dari pendengaran .. oleh Firman Kristus” (Rom 10:17). Tetapi perlu diingat juga pernyataan Rasul Paulus bahwa “setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati .. di mana ada Roh Allah di situ ada kemerdekaan” (2 Kor 3: 15-17). Orang dapat beriman disebabkan Firman dan kuasa Roh Kudus!

2. Nyatakan iman dalam perbuatan

“kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu, kebajikan .. pengetahuan .. penguasaan diri .. ketekunan .. kesalehan .. kasih (saudara) .. kasih (semua orang)” (ay 5-7). Ini bagian dan tanggung jawab kita, “sungguh-sunnguh berusaha”. Rasul Yakobus berkata “Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati” (Yak 2:17). Para Rasul berkata kepada Tuhan, “Tambahkanlah iman kami” (Luk 17:5). Dalam perikop ini dinyatakan ada tujuh hal yang perlu ditambahkan dalam iman. Sebagian adalah buah Roh, ijinkan Roh berkarya dan di samping itu dibutuhkan pendalaman alkitab serta penyaliban daging agar kita memiliki pengetahuan, ketekunan dan kesalehan. Target akhir adalah kasih akan semua orang, sadari bahwa “Allah adalah kasih” (1 Yoh 4:7)

3. Menjadi pengikut Kristus yang berguna

“Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita” (ay 8). (KH: akan tumbuh menjadi kuat dan berbuah serta berguna). Kedewasaan rohani membuat kita mampu mengenal dan mengasihi Tuhan Yesus serta menjadikan kita giat dalam pelayanan dan memberikan buah. Rasul Paulus menyatakan panggilan kita yaitu “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman .. Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya” (Ef 2:8-10) – melakukan pekerjaan sesuai kehendakNya!

Next Messages