Photo by Aaron Burden on Unsplash

Takut akan Tuhan adalah Mutlak

Sebab Aku telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir t dan telah membebaskan engkau dari rumah perbudakan...

Firman Tuhan: Mikha 6: 3-4 & 8-9

Lewat Nabi Mikha, Tuhan menyatakan bahwa hidup ini tidak sulit! KataNya “UmatKu, apakah yang telah Kulakukan kepadamu? Dengan apakah engkau telah Kulelahkan? Jawablah Aku!” (ay 3). Tidak ada! Dinyatakan “Aku telah menuntun ... telah membebaskan ... telah mengutus Musa dan Harun sebagai penganjurmu” (ay 4). Tegasnya hidup ini seharusnya mudah selama kita mengikuti kehandakNya! Amat disayangkan kita tidak bisa mentaati kehendakNya! Dan inilah tuntutan Tuhan “adalah bijaksana untuk takut kepada namaNya” (ay 9) supaya hidup ini lebih baik dan diberkati!

1. Arti takut akan Tuhan
Penulis Amsal berkata “Takut akan Tuhan ialah membenci kejahatan” (Ams 8:13) – tidak mau berbuat sesuatu yang menentang kehendak Tuhan. Sikap seperti ini disebabkan karena kita mengagumi, menghormati dan mengasihi Tuhan. Jadi bukan takut dalam pengertian yang salah! Musa berkata “Janganlah takut sebab Allah telah datang ... dengan maksud takut akan Dia ada padamu” (Kel 20:20). Hal yang nyata bahwa Tuhan itu adalah pencipta yang Maha Kuasa! Secara spesifiknya dinyatakan “dari takut akan Tuhan, Allahmu, a) hidup menurut segala jalan yang ditunjukkanNya, b) mengasihi Dia, c) beribadah kepada Tuhan ... dengan segenap hatimu .. jiwamu, d) berpegang pada perintah dan ketetapan Tuhan” (Ul 10:12-13).

2. Bagaimana agar takut akan Tuhan
Penulis Amsal menyatakan “jikalau engkau mencarinya ... mengejarnya ... maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan Tuhan” (Ams 2:5). Dibutuhkan Firman Tuhan dan Firman itu perlu direnungkan dan dimengerti sehingga kita memperoleh “pengertian .. takut akan Tuhan”. Bagaimana untuk bisa mengerti Firman Tuhan? a) dibutuhkan kuasa Roh Kudus, “hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padaNya ... di mana ada Roh Allah di situ ada kemerdekaan” (2 Kor 3: 16-17) dan b) “Bagaimanakah aku dapat mengerti, kalau tidak ada yang membimbing aku?” (Kis 8: 31).

3. Dampak takut akan Tuhan
Tuhan berkata “Inilah perintah ... supaya seumur hidupmu engkau dan anak cucumu takut akan Tuhan, Allahmu” (Ul 6:1-2). Semua orang yang hidup wajib takut akan Tuhan! Alkitab banyak berkata dan dinyatakan oleh pemazmur di antaranya: a) disayang, “Tuhan sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia” (Maz 103:13); b) dilindungi, “Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Tuhan” (Maz 34:7); c) diberkati, “sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia!” (Maz 34:10); d) diberi kebahagiaan, “Berbahagialah setiap orang yang takut akan Tuhan” (Maz 128:1) dan penulis Amsal berkata “Takut akan Tuhan memperpanjang umur” (Ams 10:27).

Next Messages

December 1, 2019

Untuk menjadi manusia baru dibutuhkan proses (metamorphosa), tidak seketika berubah tetapi perlahan-lahan...

November 24, 2019

Injil Yohanes memberikan judul dalam perikop ini “Gembala yang baik”dan dinyatakan “Akulah gembala yang baik”

November 17, 2019

Kisah perjalanan Tuhan Yesus, dikatakan “Yesus masuk ke kota Yerikho ..di situ ada seorang bernama Zakheus