Tantangan dalam Kehidupan

Rasul Paulus menyatakan bahwa musuh kita adalah bukanlah melawan darah dan daging...

Firman Tuhan: Efesus 6: 10-20 

Rasul Paulus menyatakan bahwa musuh kita adalah“bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah2 .. penguasa2 ..penghulu2 dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara” (ay 12). Roh jahat dapat mempengaruhi atau menguasai seseorang untuk menjadi jahat. Yudas,dinyatakan “Maka masuklah Iblis ke dalam Yudas” (Luk 22:3). Di dalam kisah pembangunan kembali bait Allah, “Sanbalat .. Tobia .. mendengar hal itu, ..sangat kesal karena ada orang yang datang mengusahakan kesejahteraan orang Israel” (Neh 2:10). Jumlah mereka bertambah banyak dan “mengadakan persepakatan.. untuk memerangi Yerusalem dan mengadakan kekacauan disana” (Neh 4:8). Apa yang dapat kita pelajari dalam menghadapi kuasa kegelapan yang inginmenggagalkan kehidupan ini?

1.    Menjadi kuat di dalam Tuhan

“Akhirnya,hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasaNya” (ay 10). Kuat bukan dengan kekuatan diri sendiri tetapi dengan kekuatan kuasaNya. Apa yang perlu terjadi? Tuhan Yesus berkata “Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku didalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa” (Yoh 15:5) – bina keakraban dengan Tuhan! Rasul Yakobus berkata “tunduklah kepada Allah dan lawanlah iblis, maka ia akan lari dari padamu” (Yak 4:7).Kisah penghulu malaikat, Mikhael .. dalam perselisihan bertengkar dengan iblis.. tidak berani menghakimi iblis itu dengan kata-kata hujatan tetapi berkata:Kiranya Tuhan menghardik engkau!” (Yud 1:9).

 

2.    Gunakan senjata perlengkapanAllah

“Ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah supaya kamu dapat mengadakan perlawanan .. dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu” (ay 13). Rasul Paulus menyatakan ada 6 yaitu: 1)“berikatpinggangkan kebenaran, 2) “berbajuzirahkan keadilan, 3) “berkasutkerelaan”, 4) “perisai iman”, 5) “ketopong keselamatan”, dan 6) “pedang Roh yaitu Firman Allah” (ay 14-17).  Meneladani Tuhan Yesus sewaktu dicobai iblis “Tetapi Yesus menjawab: Ada tertulis” (Mat 4:4,7,10) – Tuhan melawan dengan Firman dan menang! Kisah anak-anak Skewa,“mencoba menyebut nama Tuhan Yesus atas mereka yang kerasukan ..  orang yang dirasuk  roh jahat itu menerpa .. menggagahi ..mengalahkan, sehingga mereka lari .. dengan telanjang dan luka-luka” (Kis 19:13-16).

 

3.    Berdoa untuk mencapaikemenangan

“Berdoalah supaya dengan keberanian aku menyatakan,sebagaimana seharusnya aku berbicara” (ay 20). Keberanian menjadikan kita mampu melaksanakan tugas panggilan yaitu “memberitakan rahasia Injil” (ay 19) dan ketakutan membuat kita gagal. Rasul Paulus berkata “Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan ..” (2 Tim1:7). Takut adalah salah satu cara iblis untuk menggagalkan, usir dia! Perhatikan akan kisah para murid bertanya,“Mengapa kami tidak dapat mengusir roh itu? JawabNya .. Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan doa” (Mar9:28) – “dengan berdoa dan berpuasa” (Mat 17:21). Demikian juga dalam kisah pembangunan Yerusalem, “Tetapi kami berdoa kepada Allah” (Neh 4:9) dan“selesailah tembok itu” (Neh 6:15)

Next Messages

August 5, 2021

Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama 300 tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah

August 1, 2021

Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar, sebab itu relakan hatimu dan bertobatlah

August 29, 2021

Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah