Tuhan adalah Pengharapan

Nabi Yesaya berkata: “Dan sekarang,Tuhan Allah mengutus aku dengan RohNya. Beginilah firman Tuhan, Penebusmu, Yang......

Firman: Yesaya 48: 16b - 22

Nabi Yesaya berkata: “Dan sekarang,Tuhan Allah mengutus aku dengan RohNya. Beginilah firman Tuhan, Penebusmu, Yang Mahakuasa Allah Israel” (ay 17). Nabi Yesaya menyatakan akan “Penebusmu”. Rasul Paulus menyatakan “Sebab di dalam Dia dan oleh darahNya (Tuhan Yesus Kristus) kita beroleh penebusan yaitu pengampunan dosa” (Ef 1:7). Dinyatakan dalam perikop ini “maka keturunanmu .. dan anak cucumu .. nama mereka tidak akan dilenyapkan atau ditiadakan dari hadapanKu” (ay 19), akan diingat dan diberkati! Apa yang Tuhan akan lakukan di dalam kehidupan umatNya?

1. Tuhan yang mengajarkan kebenaran

“Akulah Tuhan Allahmu, yang akan mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah” (ay 17). Dinyatakan Tuhan sendiri yang akan memberi pengajaran dari sebab itu yang akan kita terima adalah FirmanNya. Rasul Paulus berkata “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakukan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran” (2 Tim 3:16). Sehingga kita dapat hidup benar dan tetap ada di dalam kebenaran Firman Tuhan! Bahkan dikatakan “Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah dipelengkapi untuk setiap perbuatan baik” (2 Tim 3:17)

2. Tuhan yang memberi bimbingan

“Akulah Tuhan Allahmu, .. yang menuntun engkau di jalan yang harus kau tempuh” (ay 17). Betapa sulitnya untuk mengetahui jalan-jalan Tuhan! Dinyatakan dalam ayat ini bahwa Tuhan yang akan menuntun engkau. Maukah kita dituntun oleh Tuhan? Pemazmur menyatakan “Ia membimbing .. Ia mengajarkan jalanNya kepada orang-orang yang rendah hati” (Maz 25:9) dan “Siapakah orang yang takut akan Tuhan? Kepadanya Tuhan menunjukkan jalan yang harus dipilihnya” (Maz 25:12). Dari sebab itu ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yaitu “rendah hati” dan “takut akan Tuhan” – hargai dan hormati, “jangan padamkan” dan “jangan dukakan” Roh kudus karena, “Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran” (Yoh 16:13).

3. Tuhan yang memberkati

“Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintahKu .. damai sejahtera .. tidak pernah kering , dan kebahagiaan .. tidak pernah berhenti” (ay 18). Kunci untuk menerima berkat Tuhan yaitu taat akan perintah-perintahNya. Dan berkat yang dijanjikan Tuhan yaitu “damai sejahtera” dan “kebahagiaan”. Ini yang dinyatakan oleh Rasul Paulus, “Sebab Kerajaan Allah, bukanlah soal makanan dan minuman tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus” (Rom 14:17). Mampu menikmati KerajaanNya itu adalah berkat! Tenang, bahagia dalam penyertaanNya walaupun ada di masa sulit, “Mereka tidak menderita haus ketika Ia memimpin mereka melalui tempat-tempat yang tandus” (ay 21)

Next Messages