Tuhan Yesus Bangkit

Tuhan Yesus bangkit! Dinyatakan dalam Injil Matius bahwa sewaktu “Maria Magdalena dan Maria yang lain menengok kubur itu

Firman: Matius 28: 1-10

Tuhan Yesus bangkit! Dinyatakan dalam Injil Matius bahwa sewaktu “Maria Magdalena dan Maria yang lain menengok kubur itu. Maka terjadilah gempa bumi yang hebat, sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya” (ay 1-2). Sedangkan dikatakan bahwa Pilatus telah memerintahkan, “Ini penjaga-penjaga bagimu, pergi dan jagalah kubur itu sebaik-baiknya … mereka memeterai kubur itu dan menjaganya” (Mat 27:65-66). Apa yang terjadi dan apa yang dapat kita pelajari?

1. Kristus yang disalibkan telah bangkit

“Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakanNya” (ay 6). Ini adalah pernyataan Malaikat Tuhan kepada para murid! Tuhan Yesus yang disalibkan telah bangkit tepat seperti yang di firmankanNya. Dinyatakan dalam alkitab di mana Tuhan Yesus menyatakan “bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga” (Mat 16: 21). Dan benar terjadi karena para murid menyaksikan penderitaan Tuhan yang luar biasa di atas kayu salib. Injil Lukas mencatat “Maka teringatlah mereka akan perkataan Yesus itu” (Luk 24: 8). FirmanNya digenapi!

2. Kebangkitan Kristus harus diberitakan

“Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-muridNya bahwa Ia telah bangkit” (ay 7). Malaikat Tuhan memberi perintah “segeralah pergi” dan “katakanlah” dan para murid meresponi dengan ketaatan “Mereka segera pergi … berlari cepat-cepat..” (ay 8). Ini yang berkenan di hadapan Tuhan! Manusia itu memiliki kebiasaan untuk menunda! Perhatikan kesempatan tidak akan terulang lagi! Kabarkan kebangkitan Tuhan agar dunia bertobat! Rasul Paulus berkata “Tetapi seandainya Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu” (1 Kor 15:14). Iman kepercayaan orang percaya bahwa orang yang mati di dunia ini akan dibangkitkan untuk masuk ke dalam kehidupan yang kekal. Dicatat dalam alkitab “setaip orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Yoh 3:16) – mati, dibangkitkan dan hidup kembali di surga!

3. Tuhan Yesus bangkit dan hidup

“Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka … Mereka mendekatiNya dan memeluk kakiNya serta menyembahNya” (ay 9). Tuhan Yesus menampakkan diriNya dan para murid meresponi dengan memeluk dan menyembahNya. Apa tujuan perjumpaan ini? Supaya mereka benar-benar percaya atau beriman bahwa Dia telah bangkit dan hidup! Salah satu murid Tuhan yang tidak ada pada waktu itu yaituTomas, ia berkata “Sebelum aku melihat bekas paku pada tanganNya .. lambungNya, sekali-kali aku tidak akan percaya” (Yoh 20:25). Dikatakan “Yesus datang .. Ia berkata kepada Tomas: Taruhlah .. lihatlah .. jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah .. Tomas menjawab Dia Ya, Tuhanku dan Allahku” (Yoh 20:26-28). Tomas menjadi lebih beriman dari pengalaman perjumpaan ini. Pesan Tuhan Yesus agar kita tidak menuntut seperti Tomas dan Ia berkata “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya” (Yoh 20:28)

Next Messages

May 10, 2020

Ini adalah pengajaran Tuhan Yesus yang dikenal sebagai Kotbah di Bukit. Diawali dengan pernyataan “ Karena itu Aku......

April 26, 2020

Daud berkata, “Marilah anak-anak, dengarkanlah aku, takut akan Tuhan akan kuajarkan kepadamu” (ay 12) (KB: menghormati..

May 3, 2020

Kisah Tuhan menampakkan diriNya kepada Salomo, setelah ia menyelesaikan pembangunan Bait Allah dan berkata "Telah.......