Tujuan Kelahiran Tuhan Yesus

Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaanKu

Firman:  Yesaya 43: 1-7

Pernyataan Tuhan lewat Nabi Yesaya “Tetapi sekarang, beginilah Firman Tuhan yang menciptakan ... yang membentuk engkau, hai Israel: Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaanKu” (ay 1). Kita telah ditebus oleh Kristus! Injil Markus menyatakan “Anak Manusia juga datang .. untuk memberikan nyawaNya menjadi tebusan bagi banyak orang” (Mar 10: 45). Rasul Paulus berkata “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar” (1 Kor 6:20). Apa yang dapat dinyatakan dalam perikop ini di saat kita mengingat akan kelahiranNya?

1. Dia menghargai dan mengasihi kita
“Oleh karena engkau berharga di mataKu dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau” (ay 4). Inilah pernyataan Tuhan walaupun kita ini adalah debu di hadapan Tuhan! Dikatakan lewat Pemazmur “Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya .. Sebab Dia sendiri tahu apa kita, Dia ingat, bahwa kita ini debu” (Maz 103: 13-14). Perhatikan ini yang akan dilakukan Tuhan “Aku akan menyertai engkau ... (air) engkau tidak akan dihanyutkan ... (api) engkau tidak akan dihanguskan” (ay 2). Lewat Nabi Zakharia “Siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mataNya” (Zak 2:8). Disamping itu Tuhan berjanji akan ada pemulihan, “Aku akan menghimpun engkau” (ay 5) – dikumpulkan bersama agar kita dapat menikmati sukacita dan damai sejahteraNya.

2. Dia lahir menyelamatkan kita manusia
“maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu” (ay 4b). Demikian juga ayat sebelumnya “Aku menebus engkau dengan Mesir dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu” (ay 3). Inilah Tuhan karena kehendakNya dinyatakan “Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat” (2 Pet 3:9). Tuhan bersedia menggantikan orang-orang yang dikasihiNya dengan yang lain dan puncak penebusan Tuhan dikatakan, “Ia mengaruniakan anakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Yoh 3:16). Kita telah ditebus dan diselamatkan oleh kuasa darah Kristus lewat salibNya!

3. Dia mau kita memuliakan Allah Bapa
“semua orang yang disebutkan dengan namaKu yang Kuciptakan untuk kemuliaanKu, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan” (ay 7). Orang percaya, pengikut Kristus dijadikan “untuk kemuliaanKu”. Rasul Paulus berkata “Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu” (1 Kor 6:20). Apa yang perlu kita lakukan untuk memuliakan Tuhan? Beberapa ayat yang perlu dipertimbangkan, di antaranya: a) “Dalam hal inilah BapaKu dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak” (Yoh 15:8); b) “Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepadaKu untuk melakukannya” (Yoh 17:4); c) “Hendaklah terangmu bercahaya .. supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang disurga” (Mat 5:16).

Next Messages

December 5, 2021

Tetapi dalam semuanya kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

December 12, 2021

Ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya

December 19, 2021

Ia ajaib dalam keputusan dan agung dalam kebijaksanaan